-->

Kisah si algoritma

hal pertama yang ada di dalam benak gue apa sih algoritma???penting gk sih algoritma??? secara buat seorang programmer apa sih perannya? apakah sepenting neriakin maling pas ada pencurian motor di kosan gue . . .(hehe)
oke lets goh,,
pertama buanyak bangets yang mengartikan algoritma itu, , ,  (males bahasnya gue)
sekarang kita ambil sajah dari http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma bahwa algoritma itu adalah merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
Algoritma secara sederhananya dan sering dipakai sebagai refferensi buat para copasser yaitu merupakan urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis. Misalkan saja “algoritma aktifitas pagi hari ini sebelum berangkat kerja” yaitu (1) turun dari tempat tidur, (2) melepas piiama, (3) mandi, (4) berpakaian, (5) makan pagi, (6) pergi kerja. Secara umum algoritma dapat digambarkan sebagai berikut :


Karakteristik Algoritma
  1. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas. Sebagai contoh, dalam algoritma Euclidean, pada langkah 1, jika n = 0, algoritma berhenti, jika n tidak = 0 maka nilai n selalu berkurang sebagai akibat dari langkah 2 dan 3, dan pada akhirnya nilai n = 0. Program yang tidak pernah berhenti mengindikasikan bahwa program tersebut berisi algoritma yang salah.
  2. Setiap langkah harus di defenisikan dengan tepat dan tidak berarti dua (ambiguous). Pembaca harus mengerti apa yang di maksud dengan “m” dan “n” adalah bilangan bulat tak negatif (-). Contoh lainnya pernyataan ” bagilah p dengan beberapa sejumlah bilangan bulat positif” dapat bermakna ganda. Berapakah yang di maksud dengan “berapa” ? Algoritma menjadi jelas jika langkah tersebut di tulis “bagilah p dengan 10 buah bilangan bulat positif”
  3. Algoritma memiliki nol atau lebih masukan (input). Masukan ialah besaran yang diberikan kepada algoritma untuk di proses. Algoritma Euclidean mempunyai dua buah masukan, yaitu m dan n.
  4. Algoritma mempunya nol atau lebih keluaran (output). Keluaran dapat berupa pesan atau besaran yang memiliki hubungan dengan masukan. Algoritma Euclidean mempunyai 1 keluaran, yaitu m pada langkah 1, yang merupakan pembagi bersama terbesar dari kedua bilangan.
  5. Algoritma harus sangkil (effective). Setiap langkah harus sederhana sehingga dapat di kerjakan dalam sejumlah waktu yang masuk akal.


LihatTutupKomentar

Ad Unit (Iklan) BIG