-->

Cari Ide tugas akhir (SEKERIPSI) Teknik Informatika



Tugas akhir
berawal dari kata "Tugas" dan berakhir dengan kata "Akhir"
kita ke unek2 yang selalu dan selalu muncul,,,
Tugas akhir,,, aaahhh apalah itu tugas akhir? kenapa seh harus ada tugas akhir di muka bumi ini? gak bisa apa kuliah itu udah beres SKS langsung lulus aja gitu? kan enak, yaman, "geunah merenah tumaninah"hehe (bagi gue) oke, mungkin banyak dari temen2 sekalian dan temen2 gue termasuk gue sendiri yang ngomong kaya gitu,,,tak apalah namanya juga mahasiswa to,, (maklum mahasiswa)
wajar aja sih faktanya mahasiswa itu pengennya yang sipel2 sajo, mudah murah dan efisien,,hehe
kita kembali lagi,, Tugas akhir adalah Tugas yang dibebankan kepada mahasiswa tingkat ahkir untuk mendapatkan predikat sebagai SARJANA,,(beuh gaya cuy), bahasa itu gue ambil dari dosen gue,,he
Bingung?? emang semua mahasiswa tingkat akhir memang bingung, bingung, dans selalu bingung ketika menghadapi tugas akhir,, mahasiswa bingung dari mulai menentukan tema buat tugas akhirnya sampai bingung bikin proposal TA nya kaya gmna,,belum termasuk ntar gmana ngerjain tugas akhirnya..
lanjut, sebenernya apa sih manfaatnya tugas akhir bagi mahasiswa, kampus dan kehidupan manusia di muka bumi ini? toh faktanya gue lihat sekripsi yang udah jadi itu hanya dijadikan pajangan aja di perpus atau di kantor jurusan,,, why?? kenapa kita udah bikinya susah2 ampe kaga tidur tiap malam nge galau mikirin TA eh pada akhirnya jatohnya cuman jadi pajangan doank,,,
gue juga pernah ngobrol ama temen sambil becanda kata nya "gmna sob kita demo aja de diknas kita minta hapuskan skripsi di muka bumi ini",,hahhaaa
kelarifikasi,,,

kalo menurut gue manfaat tugas akhir bagi mahasiswa itu

1. sebagai implementasi dari apa yang sudah di pelajari selama duduk dibangku kampus,,

2. sebagai refferensi buat ntar lo pas ngelamar kerja.

3. emang syarat buat nguji diri lo seberapa jauh lo ngerti dan faham tentang jurusan lo.

4. emang syarat mungkin di semua kampus harus kudu dan wajib bikin tugas akhir.

Gue sempet surpey kecil2an diantara temen2 gue ketika gue tanya tentang tugas akhir maka identik dengan apa??
jawabnya : Ribet, rumit, jangar, rese, galau, tengil, gadang, hoream, wolles, teuing ah tong di tanya, boro2 TA gue masih kuliah,, "ngeledek lo"??? dsb.
semua temen2 gue mengungkapkan semua seakan2 susah gak ada gampang2nya,,,
kenapa sih sesusah itukah tugas akhir??? (so banget sh gue..hehe)
oke gue kemarin sempet ikutan seminar di kampus gue tercintah,,,(etdah) tentang "Percepatan Tugas akhir Teknik informatika"

dan alhasil intinya dari seminar itu yang gue dapat adalah:

1. Tspek dari TA itu tidak selalu bergantung kepada pembuatan aplikasi

2. TA itu harus ada sebuah teori yang di ungkap atau di implementasikan,

3. TA itu harus ada penelitiannya

4. TA yang baik adalah TA yang SELESAI.

dan selain itu ada Kajian2 buat seorang Teknik informatika meliputi:

1. Augmented Reality

Suatu teknologi yang mengkombinasikan data dengan realitas tertambah
E-learning, GIS, E-Commerce, dll
Berbasis dekstop, Web maupun Mobile
Contoh : Kompas augmented reality, beberapa produk-produkdan e-commerce, e-learning

2. Tracking Object

Hand Tracking Algorithm, Application
Eye Tracking Algorithm, Application
Face Tracking Algorithm, Application
Multi object tracking algorithm, application
Contoh Untuk : AR Markerless,Game, Interactive Education (untuk anak2 berkebutuhan khusus) : Sistem-sistem untuk kemudahan orang-orang yang memiliki cacat

3. Voice Techcology



Speech Recognation (Pengenalan kata/perintah)
Speaker Recognation (Pengenalan siapa yang berbicara)
Voice speaker
Contoh : Voice command (alg, application), Absensi/ sekurity berbasis suara
Natural Language Processing – Voice Based


4. Text Technology

Text Mining : Melalukan proses klasifikasi objekberdasar deskripsi tekstualnya : mengklasifikasikan buku, dsb
Text To Speech (TTS) dan Speech To Text (STT)
Aplikasi untuk membaca (menyuarakan Teks kebentuk suara TTS), Aplikasi untuk menulis, memerintah komputer dsb (Speech to text )
Universal Communicator : aplikasi komunikasi text multi bahasa
Natural language processing berbasis text (chat bot)


5. Jaringan Komputer

Multimedia Networking
Aplikasi dengan protokol multimedia untuk menyediakan layanan multimedia didalam jaringan(Video on Demand (VOD), Live Streaming (Audio, Video)
Fungsi komunikasi, entertainment, edukasi.
VOIP (Voice Over Internet protocol), VPN (Virtual Private Network). Metode, dan sistem.
Sistem-sistem Kolaborasi (Seperti WIKI dsb)
Bisa digunakan untuk kolaborasi bidang-bidang yang spesifik
Aplikasi kantor digital dsb
Sekurity Network
Kriptografi (penyadian data)
Metode/ algortima keamanan jaringan Mekanisme pertahanan website / sistem dbs
Kompresi Data Pada jaringan komputer
Kompresi Teks
Kompresi Multimedia
Kajian IPv6 Diperusahaan
VPN
Dan teknologi sekurity baru lainnya


6. Multimedia - Web dan Mobile

Museum Virtual (Suatu teknologi yang mengkombinasikan data dengan teknologi vitual)Membuat Museum yang bisa dijelajahi secara virtual Berbasis Web Proses pengolahan data tetap ada
(Virtual Assistant) VIRTUAL TEACHER, VIRTUAL DOCTOR (Chatbot multimedia – voice based , Caracter virtual)
Aplikasi kitab suci, edukasi, sistem kantor digital dsb
Mobile application : (Android based (API’s), Iphone Based, Windows Mobile based ) dan Perlu dicermati : bahwa sistem yang dikembangkan harus memiliki back end application (web atau dekstop) dan front end application (mobile), Ketika Mengembangkan aplikasi mobile perlu dipikirkan bahwa solusimobile sangat dibutuhkan., Berbagai konten dapat dimasukkan disini.

Aplikasi M-Farming, M-FiSHING, M-COMMERCE, M-PETANI, M-NELAYAN dsb.


7. SEMANTIC WEB

Metode
Aplikasi penerapan semantic web Dsb
Eksplorasi konten web, Status jejaring sosial dsb


8. IMAGE PROCESSING

Object Recognation
Color Recognation
dsb


9. SIG (berbasis Web)

Sistem-Sistem Informasi untuk Daerah, Petani, Nelayan, Kesehatan, pendidikan dsb BerbasisPemetaan – untk menunjukkan Potensi – fasilitasumum , hasil bumi, penyebaran penyakit, persebaranunit pendidikan dsb)
Menjadi suatu Sistem Pengambilan keputusa dengandasar peta-peta tersebut.


10 E-Commerce

Sesuaikan dengan batasan yang sudah ditetapkan prodi
Membuat E-Commerce atau bagian dari E-Commerce
Membuat aplikasi Chatbot untuk Aplikasi TawarOnline di sebuah E-Commerce
E-Auction (Lelang)
E-Bartering
E-Tailing (B2B, B2C, C2B)


11. E-Learning

Sesuaikan dengan batasan yang sudah ditetapkan prodi (Multimedia, digunakan di instansi pendidikan)
Bisa mengembangkan e-learning untuk sekolah
SI. Akademik
Pengembangan sistem monitoring Pelaporan Pembelajaran(misal untuk Dikbud daerah dan sekolah-sekolah)
Collaborative learning
Video Conference pendukung kegiatan e-learning
dsb


12. Teknologi-Teknologi IT

QRCode (Untuk berbagai keperluan basis WEB dan mobile(HTML 5) –Akses data via mobile – data asli di Web)
RFID (Untuk berbagai keperluan Contoh Dapat RFID sistem Untuk Unikom -SUDAH) RFID untuk Stadion, Pembayaran Bus – Transjakarta/Trans bandung dsb)
NFC (Transfer pulsa, data dsb (teknologi baru, terbatas pada HP yang mendukung NFC)
Cloud Computing (Cakupan luas, Desa, rumah sakit, Kantor, UKM, Puskesmas, pendidikan, bengkel, Pesantren, Masjid dsb.)

Naaahh buaaanyak toh yang bisa kita kaji untuk tugas akhir kita,,,
termasuk TA gue juga masuk ke jaringan dan Algoritma serta Kriptografi dan Mobile,,hehe



LihatTutupKomentar

Ad Unit (Iklan) BIG